Motivasi Wira Usaha Agribisnis



Sukses Menjadi
Enterpreneur Berprestasi dan
Sukses Membentuk
Enterpreneur Berprestasi
KRM.H.Ir.Gembong P
Lebih baik menjadi riak air kecil yang mengalir tenang, menjadi gelombang lautan yang mengantar kehidupan yang lebih baik.
Anak tangga bukan bertujuan untuk kita naik lebih tinggi tetapi anak tangga adalah tumpuan kaki yang menghantarkan kita menjadi lebih tinggi.
Dalam kehidupan manusia, manusia selalu mengejar prestasi dan  pada umumnya prestasi adalah pertarungan yang menentukan untuk menang, hal ini yang menimbulkan egoistis dan menunjukkan kebodohan hidup karena yang dimaksud dengan prestasi adalah semangat untuk maju dan membuat kebahagiaan pada manusia lainnya agar hidupnya lebih bermakna. Banyak kita melihat manusia berlomba-lomba untuk mencapai jabatan tinggi sebagai menejer, direktur, dan pimpinan yang lainya hanya utuk memenuhi nafsu hidupnya, sifat semacam ini bukan bentuk prestasi. Untuk mencapai suatu tujuan prestasi yang bermakna diperlukan suatu semangat yang penuh tulus ikhlas ibarat menanam padi ditanah lumpur yang hitam kemudian tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi makhluk hidup yang lainnya.
Nenek moyang kita mengajarkan bagaimana syarat-syarat menjadi seorang pemimpin yang dilambang dalam bentuk
1.    Manusia harus menjadi  seperti matahari artinya memberi kehidupan dan kehangatan, karena matahari adalah sumber kehidupan
2.    Manusia harus menjadi seperti bulan yaitu menjadi penerang disaat gelap
3.    Manusia harus menjadi seperti bintang yaitu yang memberi keindahan didalam kegelapan
4.    Manusia harus menjadi seperti angin yang memberi kesejukan disaat manusia yang lainya dalam kegerahan, sejuk yang bergerak membawa energi
5.    Manusia harus menjadi seperti air yang memberi minuman pada orang yang dahaga
6.    Manusia harus menjadi seperti tanah, artinya yang memberi dukungan dan menjadi pijakan tempat hidup makhluk yang lainya
7.    Manusia harus manjadi seperti yang  bisa memberi semangat hidup manusia yang lainnya.
Inilah yang disebut dengan prestasi seorang enterpreneur harus mempunyai sifat kepemimpinan yang mempunyai sifat-sifat seperti tersebut diatas. Sehingga kesuksesan diri seorang entrepreneur  merupakan kesuksesan juga bagi manusia yang lainnya.
Seorang pemimpin yang tidak memiliki sifat entrepreneur  maka dia bukanlah pemimpin yang baik, karena jika dalam setiap suatu perusahaan yang tidak memiliki pemimpin yang berjiwa enterpreneur maka perusahaan itu akan gagal.
Untuk meraih kesuksesan seorang entrepreneur  harus jeli dalam mengolah situasi dan kondisi perusahaan yang dipimpinnya, sehingga dapat mengatur strategi untuk memajukan perusahaanya agar dapat berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat atau perusahaan itu sendiri. Sangat penting sekali suatu keberhasilan perusahaan membutuhkan profesionalisme, profesionalisme ini memerlukan syarat-syarat sebagai berikut yaitu berdasarkan Lima dasar / Hukum 5 “I”  yang terdiri dari :
        1. Informasi
        2. Ide
        3. Inisiatif
        4. Inovasi
        5. Insya ALLAH



Informasi adalah suatu petunjuk, orang yang pertama mendapat informasi adalah berpeluang besar menjadi sukses atau bisa dikatakan sebagai calon sukses, dalam pepatah sering kita mendengar  bahwa orang cenderung menjadi seperti orang dalam lingkungan tempat ia berinteraksi / berkumpul“, sebagai contoh kalau kita berkumpul dengan orang orang yang sukses dibidang yang kita inginkan,  maka kita akan banyak  mendapat informasi dan informasi ini merupakan modal awal  berkembangnya suatu usaha yang sudah kita rencanakan.
Ide  adalah suatu cara mengolah informasi menjadi suatu perencanaan suatu usaha. Setiap informasi yang didapat harus dibentuk dan menjadi dasar untuk membuat perencanaan atau ide. Didalam membuat ide ini bukan hanya berfikir tentang keuntungan secara teoritis, tetapi juga tentang terjadinya dampak yang tidak terduga sehingga usaha mengalami kerugian.
Inisiatif adalah suatu proses aktifitas untuk menjalankan ide yang sudah diolah matang secara detail. Dan dijalankan dengan penuh semangat. Ide yang sudah dirancang dengan matang dan sudah diperkirakan untung ruginya serta cara mengatasi dan mengantisipasi seminimal mungkin bila terjadi suatu gejala kerugian, untuk itu perlu dilakukan inisiatif untuk mengerjakan ide yang sudah dirancang.
Inovasi adalah suatu cara untuk mencari segala keinginan dari konsumen terhadap pruduk produk yang di inginkan msyarakat. Inisiatif yang sudah dijalankan dalam suatu usaha tidak bisa dijalankan dengan baik jika kita tidak pandai mencari inovasi (Gebrakan) baru didalam membuat produk. Dalam suatu produksi yang akan kita jalankan inovasi dan insting dalam usaha sangat diperlukan. Karena dengan insting, kita bisa mempunyai bayangan tentang suatu produk yang akan laku dipasaran salah satunya dengan kita mempelajari kultur budaya suatu daerah yang akan menjadi sasaran konsumen kita. Dalam hal ini kita perlu melakukan suatu survey terlebih dahulu agar dalam perjalanan usaha kita dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan dan dapat diterima konsumen dengan kepuasan yang diperoleh konsumen.
Insya Allah   bahwa setiap usaha harus  didampingi doa dan keyakinan bahwa apa yang dikerjakan merupakan suatu usaha yang sukses karena Allah. Banyak cara untuk menjadi orang sukses dibidang wirausaha, dengan tanpa modal besar dan berhasil sukses karena kemauan dan semangat perjuangan terhadap usaha yang dirintisnya ditekuni secara serius dengan tanpa takut untuk gagal, gagal merupakan ujian dan pelajaran yang bermanfaat untuk dievaluasi kelemahan apa yang menjadi kegagalan.
Oleh karena itu pemimpin atau menejer yang mempunyai jiwa enterpreneur sealain menerapkan kunci-kuci seperti diatas juga membekali dirinya dengan ATM yaitu Atur, Tiru, Modifikasi. Yaitu harus jeli melihat perusahaan lain yang lebih sukses dan diamati hal–hal yang membuat perusahaan itu sukses kemudian ditiru tetapi bukan hanya sembarang ditiru karena harus dimodifikasi menjadi lebih baik dari apa yang ditiru
Kunci kesuksesan orang ditentukan oleh beberapa hal seperti :
POWER OF COMMITMENT yaitu berani memperjuangkan, kehidupan terus berubah, hanya kita yang mempunyai sikap mental yang konsistent (mau memperbaiki diri secara konsistent) dan tetap eksis serta selalu berusaha untuk  sukses dalam menghadapi setiap setiap perubahan yang terjadi dari trend ke trend atau zaman ke zaman.
MENENTUKAN BINGKAI PIKIRAN: Setiap produk didunia ini tercipta karena getaran pikiran dan jiwa yang telah berhasil mencari sasaran sesuai dengan bingkai pikiran itu, ingat makin besar pikiran itu, maka sasaran itupun makin besar pula (membuat cita-cita dan wawasan yang luas ).
BERMIMPILAH “HAVE DREAM”: Orang yang sukses adalah orang yang berani menarik gambar sukses yang akan terjadi nanti kedalam pikirannya saat ini dan sekaligus berani mewujudkannya, sukses ditentukan dengan cara berfikir dan sikap mentalnya.
BANGUN PERCAYA DIRI: Selalu berfikir positif  dan mempunyai tujuan untuk diraih, punya rasa percaya diri, optimis serta aktif mengambil keputusan yang tegas tanpa ragu ragu dan siap menerima koreksi serta selalu belajar terus untuk hal hal baru
TIDAK SUKA MENUNDA: Jangan suka menunda pekerjaan lakukan segera selagi ada kesempatan yang baik, menunda pekerjaan adalah kerugian besar.
BELAJAR DARI PENGALAMAN ORANG LAIN: Pepatah mengatakan “Pengalaman adalah guru yang terbaik“ seorang calon pengusaha sukses harus mau mengambil pengalaman orang lain dan dirinya sendiri, apapun pengalaman itu sukses atau gagal dijadikan suatu panduan yang berharga untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha.
BERINTERAKSI ATAU KERJA SAMA DENGAN PIHAK LAIN: Seorang pengusaha harus sanggup atau mau kerja sama dengan orang lain, walau pandainya luar biasa seorang pengusaha harus kerja sama dengan orang lain untuk, karena tidak mungkin bekerja sendiri sehingga usaha yang dikerjakan akan lebih terpantau perkembangannya karena ada kontrol dari teman kerja sama.
Kemudian untuk menjadi wirausahawan memerlukan suatu rencana yang matang dan  persiapan untuk itu ada beberapa yang diperlukan untuk menghasilkan suatu produk yang nantinya akan berkembang pesat, untuk bisa berkembang maka ada beberapa hal yang diperhatikan:
MENCARI “IDE” YANG UNIEK: berani tampil beda dengan produk yang sudah ada dipasar dengan banyak kelebihan dari produk yang sudah ada.
KUASAI SISTEM PRODUK: setelah menemukan ide yang uniek tadi perbanyaklah mengetahui tentang seluk beluk produk yang akan dijual tadi, mulai dari sumber bahan /supplier/vendor/dan lain-lain  jenis produknya, berbagai karateristik produknya mencari “added value “ sebuah produk yang tidak ditemukan dari kompetitor (jika produk ada kompetitor nya) sampai dengan sistim distribusi produknya seperti apa.
PEMASARAN: sangat penting untuk memesarkan produk agar dikenal orang banyak salah satunya dengan website, getok tular artinya melalui antar pelanggan, dan dengan selebaran.
BRANDWIDTH: membangun merek nama dengan cara setelah pemasaran cukup efektif, maka perlu kontrol dan pengawasan secara kontinyu agar produk yang dijual tetap konsistent sehingga produk mendapat kepercayaan masyarakat, dan kepercayaan terhadap produk ini perlu selalu dibangun serta ketepatan waktu harus diutamakan apabila pembeli menghendaki pemesanan.
COMMUNITY “SOCIAL  RESPONSIBILITY“ sebagai pengusaha jangan hanya mencari keuntungan yang besar tetapi juga tanggap terhadap lingkungan dan mengabdi untuk aktifitas sosial pada masyarakat. Pengusaha yang suka beramal akan mempunyai aura yang berbeda  dan usahanya akan lebih maju dan berkembang.
Jenis wirausaha, banyak pengusaha menjadi sukses karena kelihayan mereka dalam memulai atau memperluas usahanya hanya dengan modal uang seadanya tapi menjadi sukses hal ini terjadi karena pemilihan usaha yang akan dikembangkan dari awal atau masih kecil-kecilan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dari awal, dan sudah dipelajari strateginya dengan serius dan diperjuangkan dengan penuh semangat. Sebelum anda terjun dalam dunia wirausaha atau anda bisnis  tentukan dulu jenis produk yang akan dikembangkan dan pelajari secara serius dan dibuat perencanaan yang matang,  jenis jenis usaha:
Ø  Melayani kebutuhan ,yaitu usaha yang melayani kebutuhan riil konsumen.dalam hal ini  perlu kita harus jeli dan mau bersaing dengan mencari alur kulakan yang lebih murah tetapi berkualitas .dan jeli melihat kebutuhan tiap konsumen.
Ø  Retail atau eceran ,cara tradisionil untuk membuka usaha dagang atau pertokoan.harus jeli mencari barang yang murah dan dijual dengan selisih sedikit sehingga lebih murah dari lainnya.dalam usaha seperti ini jangan bosan dan putus asa ,
Ø  Menjual penemuan baik dari penemuan diri sendiri atau orang lain yang di modifikasi menjadi lebih baik .diperlukan jiwa kreatif dan mau belajar untuk mengetahui produk yang akan dijual hingga mengerti betul.
Ø  Bisnis dibidang pertanian perikanan dan peternakan ,dibidang ini harus dipelajari betul dan penanganan paska panen ,penangan limbah untuk menjadi suatu produk yang bisa diolah dan dijual.serta sangat diperlukan quality control yang ketat hingga menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga bersaing dengan lainya. Dan masih banyak lagi usaha usaha yang bisa dikembangkan,

Sejarah CV.Pendawa Kencana Multy Farm Yogyakarta

Berawal dari melihat keterpurukan dan penderitaan petani, nalayan, peternak dan pengusaha kecil,  yang hanya selalu dijadikan moment politik untuk meraih kekuasaan atau jabatan, maka mulai dilakukan penelitian-penelitian oleh Pendawa Kencana Multy Farm yang di Pimpin oleh Ir. Gembong Priyatmo yang kemudian hasil penelitiannya disumbangkan kepada petani-petani kecil, peternak dan nelayan, dimana saat itu terlalu banyak tantangan dan hambatan-hambatan baik dari petani, peternak, dan nalayan sendiri, maupun dari oknum-oknum . Dengan biaya sendiri memulai mengubah metode-metode yang salah dari cara lama yaitu dimulai dengan pembuatan Karamba di kali Winongo pada tahun 1983 sehingga pada saat itu bisa mencapai 365 karamba menjadikan sungai winongo menjadi pasar ikan segar,  dan menjadikan sungai winongo dimana para pelaku/peternaknya  adalah pemuda-pemuda yang putus sekolah dan juga masyarakat yang miskin dibantaran sungai, kemudian disusul dengan mendirikan kopersi garmen di wedi klaten juga diyogyakarta.
Kerjasama juga dilakukan yaitu  penanaman padi dan jagung dengan benih yang unggul dari Pendawa Kencana dan hasilnya dibeli oleh Pendawa kencana, sehingga petani tidak kesulitan dan menjual hasil pertanian mereka.
Pada tahun 1990 membina usaha-usaha kerajinan (handicraft) di DIY serta pengusaha makanan lokal dimana diajarkan pengolahan, menejemen dan system marketingnya dan aktif melakukan penyuluhan-penyuluhan ke petani langsung tetang swasembada pangan, hampir semua petani yang dibina berhasil dengan baik, walaupun masih dalam lingkup kecil.
Pada tahun 1995 mulai membangun laborat, dan terus aktif melakukan penyuluhan di luar jawa dengan biaya sendiri.
Pada tahun 1995 mulai membangun laboratorium alam (Farm) dicangkringan dan pada tahun 2010 mengalami kehancuran akibat letusan gunung berapi namun kegiatan penyuluhan masih tetap aktif bahkan lebih bersemangat lagi yaitu dilakukan di pusat kota Yogyakarta dengan pertanian terpadu dengan pemanfaatan lahan sempit.



Folded Corner: CV Pendawa Kencana Multyfarm

Merupakan lembaga research agribisnis dan melayani diklat-diklat berbagai usaha agribisnis dengan teknologi organic dan diklat diklat pengolahan hasil panen
Untuk Konsultasi,  Pendampingan & Informasi Lebih lanjut
Hubungi Kami:
Ir. Gembong Danudiningrat (HP: 081.276.342.867)
Ir. Budi Raharjo  (HP: 081.328.765.999)
Agus Winanto(HP: 085.643.596.401)
Email :Pk.multyfarm@yahoo.com
Facebook//pendawakencana
 


















------------TERIMAKASIH. SELAMAT MENCOBA--------------

Komentar

Posting Komentar