mengenal integrated farming di cv.pendawa kencana multi farm


Pendawa Kencana Multi Farm Yogyakarta , mulai berdiri pada tahun 1999 dengan nama  CV. Pendawa Kencana Multi Farm, NPWP: 70.906.613.8-541.000.
Ir. KRM. H. Gembong Danudiningrat, yang juga berprofesi sebagai peneliti, pendidik, budayawan, penghusada, parapsikolog, dan masih banyak kegiatan yang lainnya.adalah pendiri CV. Pendawa Kencana Multi Farm
Pada awal berdiri CV. Pendawa Kencana Multi Farm berbasis di cangkringan sleman Yogyakarta dimana pada masa itu ( sebelum letusan gunung berapi ) sudah sangat berkembang dengan pesatnya, banyak pejabat dan pemerhati lingkungan yang telah dating baik dalam negeri maupun luar negeri , untuk studi banding, diklat, kunjungan atau untuk penelitian pada masa itu
Dan setelah terjadi letusan gunung Merapi , CV. Pendawa Kencana Multi Farm berkembang sangat pesat dan semakin banyak masyarakat yang mengetahui sehingga mereka ikut andil dan menerapkan ilmu yang didapat dari pelatihan-pelatihan di CV. Pendawa Kencana Multi Farm.
CV. Pendawa Kencana Multi Farm mempunyai  meliputi usaha sebagai berikut:
  • Pelatihan Agribisnis, baik peternakan, pertanian, perikanan, perkebunan, dan pengolahan hasil-hasilnya, menejemen wirausaha, dan masih banyak yang lainnya
  • Peternakan Sapi Perah, Kambing Domba, Ayam, dll.
  • Pertanian organic: sawah, holtikultura, aneka buah-buahan & sayuran, dll
  • Perikanan darat berbagai jenis ikan
  • Bioteknologi GB#1 (probiotik, pupuk organic padat dan cair,Agen Hayati, Zat Perangsang Tumbuh, dll)
Usaha perternakan yang dilakukan berintegrasi dengan usaha pertanian dan perikanan. Pemanfaatan sumber daya setempat secara optimal merupakan alasan utama  yang dilakukan Pendawa Kencana Multi Farm sehingga menjadikan sebuah kegiatan pertanian yang terpadu (Integrated Farming). dimana, antara tanaman, hewan / ternak  dan manusia merupakan satu lingkaran yang saling ketergantungan secara positif satu sama lain. Tanaman digunakan sebagai bahan pangan untuk manusia dan bahan pakan untuk ternak. Ternak digunakan juga sebagai bahan pangan bagi manusia, selanjutnya baik manusia, tanaman maupun ternak akan menghasilkan hasil samping organik. Pupuk organik (kompos) akan digunakan oleh tanah untuk menghasilkan unsur hara bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
CV. Pendawa Kencana Multi Farm telah melakukan melakukan kegiatan usaha peternakan dengan memanfaatkan jerami padi fermentasi dan bahan limbah pertanian yang lain sebagai hasil samping usaha pertanian untuk pakan ternak. Ternak akan manghasilkan produk ( susu, daging) untuk bahan makanan manusia dan hasil samping berupa kotoran untuk diolah menjadi pupuk organik. Pupuk organik diaplikasi untuk lahan pertanian yang akan menghasilkan beras sebagai bahan pangan dan jerami atau limbah pertanian lainnya untuk bahan pakan ternak, demikian selanjutnya secara terus menerus dalam satu circle.





Hubungi Kami…!!!!
085.643.596.401
(Agus)
 







 CV. Pendawa Kencana Multy Farm  siap untuk menjadi fasilitator Training atau yang lebih di kenal dengan sebutan "pelatihan" adalah kursus singkat selama 3 – 6  hari mengenai Peternakan, Pertanian Organik , Perikanan atau Integrated Farming System . Maupun mengadakan pelatihan bidang industri rumah tangga ( pembuatan kecap, bakso, minuman / jamu instant, dll), pelatihan kewirausahaan (catering, rumah makan, dll) dan masih banyak lagi jenis pelatihan yang lain. Pelatihan diadakan 1-3 kali setiap bulannya dengan jumlah peserta sangat terbatas untuk setiap eventnya
Materi yang disajikan berupa teori, praktek, maupun diskusi, serta dilengkapi dengan kunjungan lapangan ke peternak atau profesi lain yang berhubungan dengan materi pelatihan. Para tutor dari Pendawa Kencana Multi Farm sendiri yang telah berpengalaman di bidangnya, yang akan mengupas tuntas materi-materi mengenai pertanian, peternakan, perikanan dan masalah-masalah umum dan kendala yang dihadapi juga akan dibantu oleh tutor dari luar CV. Pendawa Kencana Multy Farm  yang tentunya sangat berkompeten terhadap bidang tersebut.
CV. Pendawa Kencana Multi Farm telah melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat petani, peternak, pengusaha kecil, pertanian, diseluruh Indonesia dengan menggunakan teknologi dari lembaga riset dari CV. Pendawa Kencana Multi Farm sendiri , seperti pembinaan petani kelapa sawit di riau, Kalimantan selatan, medan, dan pembinaan petani tebu di jawa timur yang telah berhasil menjadi petani tebu terabik di Indonesia, di Dieng petani kentang, di Boyolali petani sayuran, di Jawabarat Peternak sapi sebagi pendamping Pelindo . lebih dari 500 peternak dan memberikan pendampingan untuk membentuk suatu paguyuban baik peternak maupun petani, nelayan.  Pendampingan ini bersifat memberikan teknologi baru sampai marketing hingga pengolahan limbah dan pasca panen . sehingga menjadi petani, peternak , nelayan madiri.
Jumlah paguyuban untuk peguyuban lele lebih dai 280 paguyuban, paguyuban ayam lebih dari 300, paguyuban ternak kambing, sapi lebih dari 250 paguyuban.dan sebagian besar dilakukan dengan Cuma-Cuma ( tanpa biaya ) .
Berikut beberapan Instansi Perusahaan yang telah ikut berpartisipasi dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh CV. Pendawa Kencana Multi Farm
  • Pensiunan PLN seluruh Indonesia
  • Diklat wirausaha kecil, petani, nelayan, peternak, seluruh DIY dan Jateng (rutin)
  • Pensiunan Universitas UKRIM
  • Diklat Dosen Islam Universitas HAMFARA
  • Diklat PT.Pelindo
  • Kementrian Perindustrian
  • Lembaga Pelatihan Perkebunan seluruh Indonesia ( Rutin 6 bulan sekali )
  • Para PNS sekitar klaten, sragen, yang menjelang pensiun
  • Pensiunan PT.Sinarmas
  • PG.Gunung Madu Lampung
  • PT.Asian Agri (rutin 6 bulan sekali)
  • PEMDA DIY
  • PEMDA KALSEL
  • PNPM Mandiri Seluruh DIY dan Jateng
  • PG.Paggotan (Ptpn X-XI)
  • Gapoktan Seluruh DIY dan Jateng
  • Dan masih banyak lagi yang lainya
Kami melayani semua jenis pelatihan Agribisnis,baik dari Instansi Pemerintah, Swasta, maupun dari semua lapisan masyarakat






BIOTEKNOLOGI PROBIOTIK UNGGULAN
CV. Pendawa Kencana Multi Farm

Salah satu hasil bioteknologi yang berhasil dikembangkan oleh CV. Pendawa Kencana Multi Farm adalah GB#1 yang merupakan probiotik unggul terdiri dari kumpulan berjuta-juta mikroorganisme positif yang mampu bekerja secara sinergi bagi kehidupan manusia. GB # 1 yang berhasil dikembangkan sampai saat ini adalah:
  • GB # 1 Profeed, digunakan sebagai campuran pakan ternak untuk meningkatkan hasil dan efisiensi penggunaan pakan.
  • GB # 1Proquatik, sebagai penyempurna media hidup  pada budidaya ikan dan  udang.
  • GB # 1 Propunic, digunakan sebagai bakteri dekomposisi limbah dan kotoran ternak untuk dijadikan kompos yang akan memperkaya unsur hara tanah.
  • Compossap (pupuk organic)
  • Pupuk cair Organik” Pendawa Subur”, berfungsi sebagai perangsang Tumbuh alami untuk berbagai jenis tanaman
  • Pestisida Organik  “ Pendawa Ampuh” berfungsi sebagai  pemberantas hama baik insetisida maupun fungisida
  • Agen Hayati berfungsi sebagai insectisida dan fungisida organik. Agen Hayati yang sangat membantu masalah pertanian pada umumnya, Agen Hayati produksi pendawa kencana diantaranya Thricogem (Tricoderma) Bevagem (Beuvaria Bassiana ) dan Methagem (Metharizium) .




 Profeed
GB#1 Profeed  Merupakan produk hasil pengembangan bioteknologi temuan Pendawa Kencana Multi Farm. GB#1 Profeed  berisi koloni mikroorganisme yang terdiri dari  bakteri, fungi, acynomyctes yang diisolasi dari alam, bersifat bersahabat/bersinergi (pro) dengan kehidupan (biotic) = Probiotik. GB#1 Profeed  bekerja secara enzymatis (menghasilkan enzym) yang berfungsi memecah protein (proteolikik), karbohidrat struktural (selulolitik, hemiselulolitik, lignolitik), dan lemak (lipolitik) serta dilengkapi dengan bakteri Nitrogen Fiksasi non simbiose,  bakteri Phospat, dll
Jika GB#1 Profeed  dicampurkan dengan pakan ternak maka nutrien dari bahan pakan dapat diserap secara maksimal, baik secara langsung maupun melalui sintesa protein mikroba dalam rumen ternak .Hampir semua nutrien pada pakan dapat dikonversi ke produksi (telur, daging, susu, dll). Dampak positif dari penyerapan yang berjalan dengan sempurna adalah feses betul-betul tinggal ampas, kotoran relatif kering dan bau kotoran tereduksi. Hasil uji laboratorium maupun pengalaman dilapangan tingkat kecernaan pakan mencapai 20%. GB#1 Profeed  dapat digunakan produsen pakan ternak atau pun  peternak untuk dicampurkan pada produksi pakan bentuk "pelLet" karena GB#1 Profeed  dapat stabil hingga suhu 120° Celcius.   
SAPI PERAH
GB#1 Profeed  Profeed 0,5 L/100Kg pakan konsentrat.
Protein kasar pakan diturunkan 1-2%.
Jika Protein kasar pakan tidak diturunkan:
ü  Produksi menigkat +/- 10%.
ü  Kualitas produksi menigkat (total solid/fat).
ü  PBB menigkat
ü  Bau kotoran tereduksi.
ü  Jerami Fermentasi dengan  GB#1 Profeed  Proofed dapat menggantikan rumput 100%.
SAPI POTONG
ü  GB#1 Profeed  Profeed 0,3 - 0,5 L pakan konsentrat.
ü  Protein Kasar (CP) pakan diturunkan 1-2%.
ü  Jika CP tidak diturunkan: FCR akan turun, panen lebih cepat (PBB menigkat).
ü  Kotoran lebih kering, bau tereduksi.
ü  Jerami Fermentasi dengan GB#1 Profeed  Profeed dapat menggantikan rumput 100%.

AYAM PETELUR  & PEDAGING
ü  GB#1 Profeed  Profeed 1 L/400Kg pakan.
ü  Crude Protein pakan diturunkan 1-2% (dengan jalan penambahan jagung dan bekatul).
ü  JIka CP tidak diturunkan: FCR akan turun, persistensi produksi menjadi lebih baik.
ü  Bobot ayam afkir akan lebih berat.
ü  Kotoran lebih kering, bau tereduksi
ü  Mortalitas berkurang. Kotoran lebih kering, bau tereduksi.
BABI
ü  GB#1 Profeed  Profeed 1 L/400Kg pakan.
ü  Crude Protein pakan diturunkan 1-2% (dengan jalan penambahan jagung dan bekatul).
ü  JIka CP tidak diturunkan: FCR akan turun.
ü  Panen lebih cepat/PBB meningkat.
ü  Kualitas daging lebih baik (lemak punggung/marbling lebih sedikit).
ü  Kotoran lebih kering, bau tereduksi.
BEBEK
ü  GB#1 Profeed  Profeed  1 L/400Kg
ü  Crude Protein pakan diturunkan 1-2% (dengan jalan penambahan jagung dan bekatul).
ü  JIka CP tidak diturunkan: FCR akan turun, persistensi produksi lebih baik.
ü  Bobot bebek afkir lebih berat.
ü  Kotoran lebih kering, bau tereduksi
ü  KAMBING
ü  GB#1 Profeed  Profeed 1 L/400Kg.
ü  FCR akan turun, PBB meningkat.
ü  Kotoran lebih kering, bau tereduksi
PROSES FERMENTASI JERAMI
ü  Jerami ditumpuk 30cm taburkan GB#1 Profeed  , lalu tambahkan air (dipercik) hingga kadar air 50%-60%.
ü  Ulangi perlakuan tersebut diatas hingga ketinggian minimal 1 meter.
ü  Dosis GB#1 Profeed  Profeed  3 Kg/liter dan untuk memproses 1 ton jerami kering.
ü  Proses Fermentasi berjalan selama 6 hari.
ü  Setelah 6 hari segera dibongkar untuk dikeringkan sebagai stok pakan atau langsung diberikan ke ternak.

DOSIS PER TON PAKAN
Ayam Petelur/Pedaging
:2,5Kg
Burung Puyuh
:2,5Kg
Babi
:2,5Kg
Itik Petelur/Pedaging
:2,5Kg
Kambing/Domba
:2,5Kg
Sapi/Kerbau
:5,0Kg
KEMASAN
• 1 Box isi 12 liter





Proquatic
Banyak petani ikan selama ini mempunyai keluhan yang hampir sma dimana mereka memelihara ikan kurang maksimal hasilnya muli dari tingginya kematian, tidak meratanya pertumbuhan sampai kondisi kolam yang tidak setabil . GB#1 Proquatic menjadi pilihan yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut  yang dimana berisi koloni bakteri pengurai pada air yang sangat bagus sekali dalam membantu proses pertumbuhan ikan karena hasi dari penguaraian tadi berup plangkton alami yang mana adalah pakan alami ikan pada umumnya. Namun  jika mikroba pathogen mendominasi ekosistim tambak/kolam, maka kualitas air akan terganggu, karena aktifitas mikroba pathogen selain menghasilkan gas-gas yang mematikan juga dapat mengakibatkan dominasi bakteri merugikan yang dapat menginfeksi saluran pencernaan, hepato-pankreas, dan organ penting lainnya. Keadaan ini akan mengakibatkan udang/ikan stress, perncernaan terganggu, pertumbuhan terhambat, dan sistim kekebalan tubuh menjadi rentan.
Guna mengantisipasi kondisi tersebut Pendawa Kencana Multi Farm telah berhasil mengembangkan sebuah konsep budidaya perairan yang aman dan menguntungkan. Konsep ini mampu menciptakan siklus kehidupan perairan secara alamiah, dengan melengkapi dan mendorong kehidupan mikroba pengurai dan mikroba pembentuk plankton dan menciptakan dominasi bakteri yang pro dengan kehidupan (Probiotik) sehingga vitalitas dasar tambak meningkat, ekosistim perairan menjadi stabil dan seimbang.
Alternative pemecahan problem
Gunakan GB#1 Proquatic pada tambak/kolam untuk memacu proses penguraian limbah organik (sisa pakan, feces, dan plankton mati).
Gunakan Pupuk Organik COMPOSSAP® untuk menyediakan pakan alami dan membangkitkan kehidupan biologis dasar tambak/kolam.
Gunakan GB#1 Proquatic  pada tambak/kolam untuk menciptakan dominasi bakteri yang bersahabat dengan kehidupan (Probiotik), sehingga bakteri yang pathogen terdesak.
Gunakan GB#1 Profeed  untuk dicampurkan pada pakan sehinggaterjadi peningkatan fungsi pencernaan dan efektifitas penyerapan pakan.
CARA APLIKASI  GB#1 Proquatic:
Olah Tanah Dasar:
35 liter GB#1 Proquatic yaiitu dengan cara:
ü  GB#1 Proquatic Tebar merata, kemudian rendam air setinggi 5-10cm selama 7-10 hari.
ü  Bila lumpur tambak terlalu tebal bisa dibuang terlebih dahulu (bilas).
Untuk memperkaya Unsur Hara Siap Serap
Dosis Pupuk Organik
COMPOSSAP®: 1 - 1,5 ton/Ha:
ü  Dasar kolam ditaburi pupuk kandang ( Compossap ) setinggi 2 cm
ü  Dasar kolam diairi air setinggi 15 cm biarkan selama 10 hari bersamaan dengan itu , berilah GB#1 Proquatic dengan dosis 5-6 liter/ ha
ü  Air ditambahkan pada kolam sampai ketinggian kolam dan siap untuk memelihara ikan.
Membentuk Pakan Alami pada Ikan
ü  Dosis GB#1 Proquatic:
16 liter /Ha/minggu
ü  Tebar GB#1 Proquatic 7 hari setelah tebar benur.
ü  Lakukan berulang kali setiap 7 hari sampai menjelang panen.
Memperbaiki Konversi Pakan
ü  Dosis GB#1 Proquatic
5gr/2,5Kg pakan
ü  Campurkan GB#1 Profeed secara merata paka pakan (Pellet) (sebagai perekat bisa digunakan telur/minyak sotong).
KEGUNAANNYA
ü  Mengurai bahan-bahan organik lumpur tambak.
ü  Menghilangkan bau (gas scatol) Amonia dan lendir dasar tambak.
ü  Mencegah kerusakan dan fisik biologis dasar tambak. kolam / tambak
ü  Mengurai bahan-bahan sisa makanan, kotoran ikan  / udang senjadi senyawa organic yang bermanfaat
ü  Menekan mikroorganisme pathogen
ü  Meningkatkan kualitas dan jumlah produksi ikan / udang
ü  Menekan hama dan penyakit yang ada dalam tambak / kolam

PETUNJUK PEMAKAIAN
Mengurai lumpur dasar tambak (setelah penen selesai) dan dibiarkan sampai +/- 7 hari. Setelah kondisi tambak kering baru dilakukan pengolahan dasar tambak (sekaligus menambahkan kapur dolomit/calsit) baru kemudian setelah itu dilakukan pengelantangan. Usahakan pengurasan dilakukan 2 kali.
Limbah tambak dengan kondisi lumpur sangat dalam aplikasi GB#1 Proquatic  dengan dosis 2 kali lipat. Baru kemudian proses pengolahan tanah dan pengelantangan.
Untuk meningkatkan kecernaan dan penyerapan pakan, campurkan GB#1 Profeed  Profeed 500 gram / 100Kg pakan (0.5%) dan campurkan 1 Kg minyak sayur/100Kg pakan (1%)
Perlakuan secara alami pada dasar tambak
Tebar GB#1 Proquatic merata pada tambak (kolam) yang tergenang air dengan kedalaman 5-10cm (macak-macak).
Diamkan selama 7 hari.
Lakukan pengurasan air.
Usahakan pengurasan dilakukan 2 kali.
Tebar Compossap® 1-2 ton pada dasar tambak (kolam) secara merata.
Bisa ditambahkan kapur +/- 500Kg (tergantung keasaman).
Masukkan air 10cm dan diamkan selama 2-3 hari.
Tambahkan air sampai ketinggian normal (+/- 100cm). Catatan: pada tambak udang aplikasi saponin dilakukan dalam tahap ini.
Setelah 2-3 hari lalu tebar GB#1 Proquatic. Hidupkan kincir (bila ada), sampai terbentuk plankton (7-10 hari).
Setiap 7 hari sekali tebarkan GB#1 Proquatic  sampai menjelang panen.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
Gunakan seminimal mungkin pemakaian produk-produk anorganik / kimia maupun anti-septic.
Jangan mengaplikasikan Chlorin setelah mengaplikasikan serbuk ini di dalam tambak karena akan membunuh mikroorganisme dalam probiotik






  Propunic

MANFAATNYA
ü  Mencegah bau tak sedap pada kandang , kotoran ternak, septitank dan limbah rumah tangga
ü  Membantu mengurai (mendekomposisi)  bahan-bahan organic lebih cepat
ü  Aktifator pembuatan pupuk organic
ü  Menurunkan 60-70% tinja pada Septic-Tank dalam waktu 7-10 hari dan menghilangkan baunya.
ü  Merawat tanah resapan agar selalu berfungsi dengan baik.
ü  Mencegah mampatnya saluran cucian piring, kamar mandi dan selokan, sekaligus menghilangkan bau.
ü  Menetralisis limbah industri.
Aplikasi
ü  Pada pembuatan pupuk organic 1 liter GB#1 Propunic” untuk 500 kg bahan organic
ü  1 liter  GB#1 Propunic”  diencerkan, masukkan melalui lobang closet (sebaiknya pada malam hari)
ü  1 liter probiotik GB#1 Propunic”  disiramkan ke kolam limbah rumah tangga  seluas 400-500 m
ü  Untuk merawat WC, dosis 1 kg untuk 1-2m3 volume Septic-Tank atau melalui Closet sedikit demi sedikit. Dapat juga dengan melarutkan dahulu pada 1-2 ember air sebelum digunakan. WC tetap dapat dipakai seperti biasa. Ulangi setiap 3-6 bulan.
ü  Untuk perawatan saluran/menghilangkan bau. Rendamlah 1 sendok makan GB#1 Propunic”   dengan 250cc air (dosis dapat ditambah) selama 12-24jam, lalu siramkan ke saluran/selokan pada malam hari saat tidak ada kegiatan.
ü  COCOK UNTUK
Rumah tangga • Rumah Susun/Apartemen • Rumah Sakit • Restoran • Catering • Hotel • Perkantoran • Pertokoan/Plaza • Terminal • WC • Peternakan • Rumah Potong • Hewan • Pabrik • dsb.




COMPOSSAP
Penggunaan pupuk kimia yang terus menerus tanpa diimbangi dengan penggunaan pupuk organik telah terbukti berakibat pada rusaknya fisik, kimia maupun biologi tanah.
Guna memperbaiki kerusakan tanah dan  kembali meningkatkan produktifitas lahan sebagai media tanaman diperlukan upaya perbaikan tanah/lahan (reklamasi).
Penyediaan Pupuk Organik baik dari segi kuantum maupun kestabilan kualitas merupakan tantangan tersendiri. Pendawa  Kencana Multi Farm  telah berhasil menemukan suatu sistim pengolahan limbah organik (pertanian /peternakan) menjadi pupuk organik berkualitas dan berdaya guna yang lazim disebut Compossap®.
"Pupuk Organik Berkualitas dan Berdaya Guna"
- PADI : 1-2 Ton/Ha.
- Diberikan sebelum tanam   dengan cara ditabur.
- CABE : 4-5Ons/Tanaman.
- Sebagai pupuk dasar, ditanam   disekitar lubang tanam.
- JERUK : 5kg/pohon, 6 bulan   sekali.
- Ditanam pada tajuk terluar.
- SAWIT : 5kg/pohon, 6 bulan   sekali.
- Ditanam pada tajuk terluar.
- BIBIT SAWIT : (sebagai   media tanam).
- 1/3 Compossap , 1/3 Tanah,   1/3 Sekam.
- KAKAO : 2-5Kg/pohon, enam   bulan sekali.
- Ditanam pada tajuk terluar.
- MELON/SEMANGKA :
  3-5 Ons/tanaman.
- Sebagai pupuk dasar, ditanam   disekitar lubang tanam.
- ANGGUR : 2-4Kg/tanaman.
- Ditanam 50cm disekitar   lubang tanam.
- TANAMAN HIAS : (sebagai   media tanam).
- 1/3 Compossap, 1/3 Tanah,   1/3 Sekam.
- KOPI : 5kg/pohon, 6 bulan   sekali.
- Ditanam pada tajuk terluar.
- APEL : 5kg/pohon, 6 bulan   sekali.
- Ditanam pada tajuk terluar.
- DAUN PREY : 10 gram per   pokok.
- Sebagai pupuk dasar, ditanam   disekitar lubang tanam.
- DAUN SALAD : 20 gram per
  pokok.
- Sebagai pupuk dasar, ditanam
  disekitar lubang tanam.

Standar Mutu
ü  Bebas Bakteri Pathogen
ü  Bebas Parasit dan Telurnya
ü  Bebas Biji Tanaman Liar
ü  Bebas Racun Tanaman
ü  Bebas Bau
Manfaat
ü  Merangsang Pertumbuhan
ü  Menyegarkan Tanah
ü  Memperbaiki Porositas Tanah
ü  Memperbaiki Agregat Tanah
ü  Memperbiki Permeabilitas Tanah
ü  Kemampuan Mengikat Air Lebih Baik
ü  Meningkatkan Produktifitas Lahan
ü  Keuntungan
ü  Menekan biaya pemupukan
ü  Mengefektifkan penggunaan pupuk kimia
ü  Menningkatkan kesuburan biologi tanah
ü  Memperbaiki fisik tanah (tekstur, struktur, dll)
ü  Memperbaiki pH tanah
ü  Menyediakan unsur hara makro dan mikro
ü  Mudah penggunaannya dan hemat
ü  Tanaman lebih sehat dijauhi hama dan penyakit
ü  Meningkatkan produktifitas lahan pertanian
ü  Meningkatkan hasil produksi (kuantitas/kualitas)
ü  Berdampak bagi perbaikan lingkungan
KANDUNGAN Compossap®.

Total N
:1.96%
P2O5
:1.93%
k2O
:2.96%
CaO
:2.97%
MgO
:0.87%
C/N
:16%
pH
:7
Kelembaban                                                        ; 35-40%



Pupuk Cair Pertumbuhan “Pendawa Subur” dan Pupuk Cair “Pendawa Subur“ Pembungaan, Pembuahan.
Pupuk cair “Pertumbuhan” dan Pupuk cair  Pembungaan , Pembuahan berasal dari bahan yang berkualitas,  diolah melalui proses dekomposisi oleh bakteri pengurai.
Pupuk cair “Pertumbuhan” dan Pupuk cair  Pembungaan , Pembuahan merupakan perangsang pertumbuhan pada tanaman yang paling baik dan alami dibanding bahan perangsang pertumbuhan atau pembungaan dan juga pembuahan
buatan.
Pupuk cair “Pertumbuhan” dan Pupuk cair  Pembungaan , Pembuahan mempunyai kandungan unsur hara yang lengkap, juga terdapat Chlorophyll sehingga baik untuk merangsang pertumbuhan.atau pembungaan dan juga pembuahan
Cara Pemakaian ;
Sayur Mayur
Penyemprotan pada seluruh bagian tanaman pagi/sore .
Dosis 4 tutup/14 liter air
Tanaman Umbi-umbian
Penyemprotan pada seluruh tanaman dan tanah sekitar tanaman dengan dosis 5 tutup/14 liter air
Tanaman Buah
Pada tanaman besar 5 tutup/ 14 liter air


Pestisida Organik “Pendawa Ampuh”
Apa
Pestisida Organik
”Pendawa Ampuh”…..????
Merupakan pestisida organik yang terbukti ampuh memberantas hama dan penyakit  secara ramah lingkungan tanpa menimbulkan efek negatif bagi lungkungan
Bagaimana Keistimewaan
Pestisida Organik
”Pendawa Ampuh”…..????
Mengandung berbagai jenis tanaman ,seperti daun imba,tembakau dan tanaman lainya yang alami dan sangat efektif  bila digunakan untuk mencegah hama dan penyakit

Keuntungan Pakai
Pestisida Organik
”Pendawa Ampuh”…..????
Murah dan Mudah memakainya
Aman terhadap lingkungan
Bebas Keracunan
Kompatibel digabung dengan pengendaliaan cara lain
CARA PEMAKAIAN
Sayur Mayur
Penyemprotan pada seluruh bagian tanaman pagi/sore .
Dosis 4 tutup/14 liter air
Tanaman Umbi-umbian
Penyemprotan pada seluruh tanaman dan tanah sekitar tanaman dengan dosis 5 tutup/14 liter air
Tanaman Buah
Pada tanaman besar 5 tutup/ 14 liter air
Padi
Pada tanaman besar 5 tutup/ 14 liter air
Penyemprotan tanaman dilakukan rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal





Agen                     = Perantara/ Perwakilan Hayati                 = Hidup
Agen hayati adalah organisme yang mampu
                merusak, menggangu kehidupan atau yang dapat menyebabkan hama, dan pengganggu tanaman  menjadi  mati
Atau dengan kata lain agen hayati ini membantu petani untuk membunuh hama tanaman
Keunggulan Agen Hayati
       Tidak memerlukan pengetahuan khusus atau ketrampilan tertentu dalam pembuatan dan pemanfaatan agen hayati
       Selektifitas agen hayati sangat tinggi, karena agen hayati hanya membunuh pengganggu tanaman tertentu
       Agen hayati tidak membunuh organisme lain non OPT ( Pengganggu Tanaman)
       Agen Hayati sudah ada di alam dan dapat mencari dan menemukan hama dan penyakit
       Agen Hayati dapat berkembang biak, sehingga cukup menanam sekali maka tanah atau tanaman akan dipenuhi dengan Agen Hayati
       Hama dan Penyakit tidak resisten (kebal) terhadap agen hayati.
       Tidak ada efek samping
       Pengendalian hama dan penyakit bisa berjalan sendiri dan berkelanjutan
       Ekonomis: Harganya murah
Fungsi Agen Hayati
       Melindungi dan membasmi hama tanaman golongan solanacearum seperti cabe, terong, tembakau, tomat, dan kentang dari hama phythopora infestan, fusarium oxysporum , phytium sp, rhizoctonis solani ( penyakit penyebab layu ) dan semua hama golongan fungi
       Keluarga cucurbataceae seperti melon, semangka, timun, labu untuk mencegah Plasodiopora brassiceae (penyebab akar ganda) atau bengkak akar
       Mencegah Hama tanaman perkebunan seperti; penggerek buah kopi (Stephanoderes hampei)
       Tanaman holtikultura : belalang
       Hama tanaman padi : Nilaparva lugens ( wereng coklat)
Macam Macam Agen Hayati
ü  Trichogem (Fungisida Organik)
ü  Methagem (Insectisida Organik) 
    Bevagem (Pestisida Organik) 

Komentar